Friday, January 29, 2010

Kesah hidup Nabi saw yang hidup sedrhana

Jumaat, 29, Januari 2010/ 13 Safar 1431

Pada masa Islam di tengah-tengah kekayaan yang melimpah-limpah, pada suatu hari di kala Nabi Muhammad saw sementara tigggal di rumah, Umar sahabat Nabi masuk ke dalam kamar Nabi didapati tidak ada perhiasan, tidak ada perkakas dalam kamar itu selain sebuah bangku yang alasnya terdiri dari jalinan daun kurma, yang tergantung di dinding hanyalah sebuah guriba tempat air pesediaan untuk berwudhu bagi nabi.

Maka terharulah Umar melihatnya, sehingga bercucuranlah air matanya. Lalu Rasulullah menegurnya:

"Gerangan apakah sebabnya terharu dan air matamu bercucuran ya, Umar?"
Umar menjawab:

"Bagaimana saya tidak terharu, Ya Rasulullah, hanya begini keadaan yang kudapati dalam kamar tuan. Tidak ada perkakas, tiada kekayaan, padahal seluruh kunci masyruk dan maghrib telah tergenggam di tangah tuan, kekayaan telah melimpah-limpah".

Lalu beliau menjawab, " Aku ini adalah Pesuruh Allah , Ya Umar. Aku ini bukanlah seorang Kaisar dari Rom atau kaisar dar Farsi. mereka menunutut duania dan aku menuntut akhirat"

Pada suatu hari atang Jibril kepada Nabi Muhammad meyampaikan salam Tuhan dan bertanya," Manakah engkau yang suka Ya Muhammad, menjadi seorang Nabi yang kaya Raya seperti Nabi Sulaiaman atau menjadi seorang Nabi yang miskin/papa seperti Ayyub?"

Lalu beliau menjawab, "Aku lebih suka kenyang sehari dan lapar sehari, Jika kenyang aka bersyukur kepada Tuhanu. Jika lapar, aku bersabar atas cubaan Tuhanku".

Nabi Besar Muhammad saw sebagai hidup sufi dalam kehidupn kerohanian, hidup di tengah-tengah kekayaan yang melimpah-limpah. tetapi ia tetap hidup sederhana. Melihat kekayaan yang melimpah-limpah yang datangnya tidak disangka-sangka, Umar sendiri tercengang melihatnya. banyak di antara sahabat-sahabt yang dahulu hidupnya sedrehana, miskin menjadi orang kaya raya, seperti usman bin Affan, Said bin Ash, Zubair bin Awwam Abdur Rahaman bin Auf dll.

Demikian Allah berfirman;

" Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah akan diberi jalan keluar dari kesusahan dan Allah akan memberikan rezeki/kekayaan yang tidak disangka-sangka datangnya".
-(At-talak:2-3)

No comments: